Tips Naik Kereta Api Ekonomi

25 Aug 2009

Kereta Api, sebuah angkutan masal yang sering digunakan oleh masyarakat. Kereta Api sangat digemari oleh masayarakat karena tarif yang relatif terjangkau dibandingkan dengan tarif jasa angkutan umum yang lain, seperti Bus dan Pesawat terbang. Tarif Kereta Api di bedakan menjadi tiga klasifikasi, yaitu tarif Ekonomi, Bisnis, dan Eksekutif. Dari ketiga klasifikasi tarif kereta api tersebut, tarif Ekonomi sangat digemari dan menjadi Favorit para pengguna jasa kereta Api. Hal ini disebabkan biaya yang harus di bayar jauh lebih murah dibanding dengan yang lain. Sebagai gambaran, untuk bisa pergi ke Jakarta

dari Surabaya

kita cukup mengeluarkan kocek kurang dari Rp. 50.000,- (Harga terakhir tanggal 20 Nopember 2008). Murah bukan??

Namun ibarat peribahasa Orang jawa Nggowo Rego, Nggowo Rupo (Membawa Harga, Membawa Rupa), dengan harga segitu jangan harap kita bisa menggunakan Jasa Transportasi Kereta Ekonomi ini dengan nyaman. Tak Jarang kita harus berdiri karena tidak kebagian tempat duduk. Sekain itu kenyamanan Kita akan terganggu karena banyaknya Pedagang yang lalu-lalang menjajakan dagangannya, dan yang lebih mengerikan lagi ada ancaman dari pihak yang tidak bertanggung jawab seperti penjahat atau copet.

Nah melalui Postingan kali ini saya akan sedikit berbagi Tips menggunakan Angkutan Kereta Api Ekonomi berdasarkan pengalaman yang saya alami ketika berangkat ke Pesta Blogger 2008 di Jakarta kemari yang menggunakan Jasa Transportasi Kereta Api Ekonomi ini (Saat keberangkatan). Adapun beberapa Tips tersebut adalah sebagai berikut,

  1. Usahakan telah membeli tiket minimal 1 hari sebelum hari keberangkatan, kalaupun seandainya harus membeli tiket pada hari H usahakan mebeli jauh sebelum jadwal keberangkatan kereta. Misal jadwal keberangkatan kereta api jam 15.30 usahakan membeli minimal 1 jam sebelumnya atau lebih.
  2. Datang lebih awal minimal 1 Jam sebelum keberangkatan kereta, hal ini ditujukan agar kita kebagaian tempat duduk.
  3. Sangat disarankan untuk membawa bekal Air minum, sebagai bekal minum agar tidak terlalu boros. Selain itu jika bekal minum kita lumayan banyak hal ini dapat digunakan untuk peneman saat kita mau buang PUB, karena kondisi kamar kecil di kereta Ekonomi yang tidak menyediakan air bersih.
  4. Simpan Dompet anda pada tempat yang aman atau di dalam ransel, kemudian bawalah uang secukupnya. Sehingga untuk melakukan transaksi kita tidak perlu mengeluarkan dompet lagi. Hal ini dimaksudkan agar dompet kita aman, karena jika kita simpa di saku celana rawan hilang.
  5. Jangan memperlihatkan barang-barang mewah yang anda bawa, karena hal ini dapat memancing perhatian orang yang ingin bertindak jahat. Jadi misalnya gunakan HP seperlunya saja dan tidak perlu menggunakan perhiasan yang berlebihan bagi para ibu dan cewe.
  6. Jangan Mudah menerima pemberian makanan atau minuman dari orang yang kita belum kenal, karena ditakutkan makanan yang ditawarkan tersebut mengandung obat bius yang digunakan untuk membius kita dan akhirnya merampas barang bawaan kita saat kita tidak sadarkan diri.
  7. Saat melakukan pembelian makanan, minuman, atau barang dalam kereta pastikan dulu isi dari makanan, minuman, atau barang tersebut dengan menanyakannya kepada sang Penjual. Agar tidak menyesal nantinya kalau makanan atau barang yang kita beli tidak sesuai dengan apa yang kita kehendaiki. Tambahan lagi kalo bisa di Nego dulu.

Yup mungkin cukup 7 Tips yang bisa saya share untuk para pembaca yang ingin berpergian menggunakan jasa Transportasi Kereta Ekonomi ini. Jika temen-temen ada tips lain silahkan share di bagaian Komentar. Silahkan.

so NAIK KERETA API EKONOMI ?? SIAPA TAKUT !!!!

Sumber info : http://frenavit.com/


TAGS


-

Author

Follow Me