Kitari Suramadu Rp 5,5 Juta

29 Jun 2010

Ingin menikmati suasana bawah Jembatan Suramadu pada siang atau malam hari sambil berlayar? Kumpulkan dana Rp 5,5 juta atau Rp 12,5 juta buat 300 orang. Dijamin Anda puas.

Dua perusahaan penyeberangan siap melayani Anda, yakni PT Dharma Lautan Utama (DLU) dan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP)-Indonesia Feri Cabang Surabaya.

Untuk wisata ini, PT DLU menyediakan kapal Wicitra Dharma, sedangkan PT ASDP menyediakan KMP Gajahmada.

Direktur Operasional dan Usaha PT DLU Rahmatika Ardianto mengungkapkan, paket wisata ini terbagi tiga, yakni paket Rp 750.000 (buat 100 orang), Rp 5,5 juta (buat 300 orang), dan paket Rp 12,5 juta (buat 300 orang).

Bagi wisatawan yang ingin melihat suasana matahari tenggelam (sunset) dan indahnya lampu-lampu Jembatan Suramadu pada malam hari, bisa memilih paket Rp 12,5 juta. Paket ini disediakan khusus bagi kalangan dewasa, maksimal 300 orang, kata Rahmat, Senin (14/6).

Rute perjalanan paket ini dimulai dari Pelabuhan Ujung, menuju barat (PT Dock Gresik) lalu ke Jembatan Suramadu. Di bawah jembatan, kapal akan diapungkan untuk memberi kesempatan wisatawan menikmati keindahan Suramadu pada malam hari. Setelah puas, baru kembali ke Pelabuhan Ujung.

Selama perjalanan, wisatawan akan diberikan berbagai macam penjelasan mengenai dunia bahari. Untuk menghangatkan suasana, PT DLU menyediakan live music, berupa elektone lengkap dengan penyanyi. Jika ingin menambah dinner, kami juga menyediakan, tapi harganya di luar paket, ujar Rahmat.

Jika ingin lebih murah wisatawan bisa memilih paket Rp 5,5 juta dengan peserta maksimal 300 orang. Paket ini diperuntukkan anak-anak usia TK hingga SLTP. Rute yang disediakan sama dengan paket Rp 12,5 juta, hanya saja dilakuakn saat siang hari tanpa diiringi live music.

Selama perjalanan kami juga menyediakan fasilitas seperti mainan anak-anak dan instruktur yang siap menjelaskan tentang pengetahuan-pengetahuan bahari, kata Rahmat.

Karena privat, PT DLU tidak mematok jam, wisatawan bebas memilih waktunya kapan saja.

Jika hanya ingin berwisata tanpa ke Suramadu, Anda bisa memilih paket Rp 750.000 untuk 100 orang. Wisata ini tidak privat, namun mengikuti kapal yang berlayar dari Ujung ke Madura. Kami menyediakan dek khusus di atas untuk wisatawan. Di sana, ada mainan anak-anak di dek atas dan ada panduan tentang pengetahuan bahari oleh instruktur dari PT DLU, kata Rahmat.

Diakui Rahmat, paket wisata bahari ini sudah dirasakan sejumlah perusahaan dan organisasi profesi. Baru-baru ini dari Ikatan Dokter Kulit. dan sebelumnya juga dari para pelajar. Kami berharap paket ini dimanfaatkan masyarakat, ungkapnya.

Wisata bahari mulai dimunculkan sejak terjadi penurunan penumpang akibat dibukanya Jembatan Suramadu.

Terpisah, ASDP juga menyediakan paket serupa. Rutenya sama, mulai dari Ujung menuju barat (Gresik) lalu ke arah Suramadu dan kembali lagi ke Pelabuhan Ujung. Waktu yang dibutuhkan sama, tiga jam mulai dari persiapan hingga berlayar dan kembali.

Supervisor ASDP Dodot Setyobudi mengungkapkan, harga yang dipatok untuk wisata ini bervariasi, mulai dari Rp 6 juta hingga Rp 8 juta dengan fasilitas mulai dari pemandu yang siap memberikan berbagai pengetahuan tentang kebaharian, fasilitas ruang pertemuan, hingga ruang makan. Sedangkan untuk makanan, PT ASDP juga menyediakan catering.

Dodot berharap, wisata bahari ini bisa dimanfaatkan masyarakat, terutama pelajar untuk nenambah pengetahuan bahari. Waktu tiga jam di laut saya rasa bisa dimanfaatkan untuk memahami dan mengerti tentang kekayaan bahari kita. Jadi, tidak sekadar jalan-jalan saja, ujar Dodot.

Diakui Dodot, pengelolaan paket bahari ini baru dilakukan oleh perusahaan penyeberangan tanpa ada campur tangan dari institusi apa pun. Kalau ada kerja sama dengan dinas pariwisata atau institusi lainnya, tambah bagus itu, bisa menggairahkan wisata bahari, harap Dodot.nuus

Sumber berita : http://www.surya.co.id/2010/06/15/


TAGS


-

Author

Follow Me