TIP MEMBELI KAMERA DIGITAL

11 Jul 2011

Perkembangan teknologi elektronika digital berkembang pesat saat ini antara lain audio digital, video digital dan komunikasi digital seperti yang dipakai pada telepon genggam atau HP. Perkembangan ini juga masuk pada photografi dimana dahulu kamera untuk merekam gambar disimpan di media film yang sekarang disebut kamera analog.Sedangkan kamera penemuan baru disebut kamera digital dimana hasil rekaman gambarnya sudah tidak menggunakan film tetapi disimpan dalam kartu memory (memory card ).

Berdasarkan perkembangan kamera digital akhir-akhir ini maka saya akan memberikan TIP kepada pembaca blog mengenai Tip Membeli Kamera Digital dan semoga bermanfaat untuk yang membutuhkan.

Adapun kalau anda ingin membeli kamera digital yang perlu dipertimbangkan adalah MegaPiksel, Camera Zoom, Memory , baterai dan koneksi dengan computer atau printer. Untuk jelasnya rincian pertimbangan ini berikut ini saya uraikan satu persatu.

MegaPiksel adalah kemampuan kamera digital menangkap objek yang diukur dengan satuan piksel. Makin besar angkanya makin detail objek gambar yang dihasilkan sehingga kualitas gambar makin tajam atau secara gampang piksel bisa diartikan sebuah titik kecil yang membentuk foto, makin kecil titiknya hasil foto makin halus.Adapun rincian tentang MegaPiksel sebagai berikut:

-Kamera digital mempunyai kemampuan 1 MegaPiksel hasil jepretannya dapat dicetak ukuran kartupos.

-Kamera digital mempunyai kemampuan 2 3 MegaPiksel hasil jepretannya dapat dicetak untuk ukuran 8 X 6 inci sampai 10 X 8 inci.

-Kamera digital mempunyai kemampuan 4 6 MegaPiksel hasil jepretannya dapat dicetak untuk ukuran 11 X 9 inci sampai 12 X 10 inci.

Kesimpulannya semakin besar MegaPikselnya semakin tajam hasil cetakan fotonya dan juga harganya semakin mahal , untuk itu perlu diperhitungkan juga kemampuan kita untuk membelinya.

Camera Zoom adalah proses pembesaran objek gambar saat kita menjepret kamera. Pada kamera digital mempunyai dua pembesaran yaitu optical zoom dan digital zoom. Optical zoom adalah pembesaran gambar secara optic oleh lensa maksudnya pembesaran yang sebenarnya. Sedangkan Digital zoom adalah proses pembesaran gambar secara digital yang berkisar 3 10 kali pembesaran maksudnya pembesaran ini tidak sebenarnya alias bohong artinya obyeknya diperbesar bukan mata kita yang dibawa mendekat ke obyek. Jadi kalau kita menggunakan digital zoom maka hasil fotonya jadi pecah. Pada umumnya kamera digital mempunyai optical zoom 3X dengan lensa 34 102 mm. Ada juga kamera dengan optical zoom 5X 10X tapi harganya relative mahal. Untuk kebutuhan standar pilihlah kamera digital yang mempunyai kemampuan Optical zoom 3X 4X dan jangan terpengaruh pembesaran digital zoom.

Memori adalah tempat menyimpan hasil jepretan (foto) dimana kamera digital dipasaran ada dua yaitu memori built in dan memori tambahan. Kamera digital dengan memori buit-in mempunyai kapasitas penyimpanan foto terbatas sesuai dengan yang disediakan pabrik.Kamera digital dengan memori tambahan tersedia tempat khusus sehingga kapasitas penyimpanan foto bertambah.Kesimpulannya kalau kita mau beli kamera pilihlah kamera digital yang mempunyai kapasitas memori tambahan karena pilihan kamera ini kita membawa simpanan memori diluar kamera digital sehingga kalau kita mengambil foto diluar kota kita punya cadangan penyimpan gambar diluar kamera digital.

Baterai kamera digital ada dua macam yaitu ada yang menggunakan baterai jenis AA dan ada yang menggunakan baterai lithium. Dari dua jenis ini pilihlah kamera yang menggunakan baterai lithium karena baterai lithium ini jauh lebih ekonomis karena bisa diisi ulang walaupun harga kameranya lebih mahal.

Koneksi dengan computer atau printer. Maksudnya kalau membeli kamera digital perhatikan koneksinya apakah bisa dihubungkan langsung dengan computer atau printer melalui kabel USB .Kalau bisa maka proses pencetakan gambar nanti tidak mengalami kesulitan.

Adapun kesimpulan dari pembahasan ini dapat saya simpulkan sebagai berikut :

1.Belilah kamera digital dengan kemampuan minimal 2 3 MegaPiksel.

2.Jika hasil cetakan foto yang diinginkan lebih besar dari ukuran kwarto pilihlah kamera digital yang mempunyai kemampuan 4 6 MegaPiksel.

3.Pilihlah lensa yang optical zoomnya tinggi.

4.Belilah kamera digital yang mempunyai slot memori.

5.Kamera digital nyaman dipegang.

6. Mudah membidiknya (menjepret foto)

7.Cek koneksi ke computer dan kalau bisa dihubungkan dengan pesawat TV.

8. Cek kelengkapan charger untuk isi ulang baterai lithium.

Demikian informasi ini saya sampaikan dan semoga bermanfaat.

Sumber : A.Bimo Wijoseno, Kamdig Praktis Tanpa Album, Majalah Intisari ,

hal 31,Agustus 2004 , Jakarta.


TAGS


-

Author

Follow Me